Tuesday, September 2, 2008

SPEAKING ENGLISH LANCAR?

Tips Speaking

Speaking termasuk salah satu aspek paling penting dalam penguasaan bahasa. Jika seseorang belajar bahasa dan tidak biasa menguasai percakapan akan tampak timpang. Tapi sebagian orang mengeluhkan beberapa masalah yang dianggap menghambat speaking. Salah satunya adalah tidak kesesuaian antara otak dan mulut.


Hmm.. saya pikir hal ini memang sering terjadi. Ketika kita sudah tahu apa yang akan dikatakan tapi dalam pengucapannya seakan-akan kosong. Maka beikut ini ada tips untuk memperlancar kemampuan oral kita.
1. Perkaya kosakata. Jika mampu setiap harinya bias menambah perbendaharaan
2. Banyak membaca novel-novel bahasa asing
3. Sering menonton film. Disini kita bias mengetahui cara pengucapan, ekspresi, idiom dan intonasi.
4. Buatlah komunitas English yang sering mengadakan diskusi bahasa Inggris
5. Mencoba untuk berbicara dengan native speaker
6. Sekali-kali rekamlah percakapan anda dan bandinkan dengan native speaker di film, ketika anda sudah mengetahui kekurangan anda maka kecil kemungkinannya untuk mengulangi yang kedua kalinya.
7. Ketika berbicara anda jangan pernah berfikir tentang kosakata yang tidaka ada di otak anda, usahakan untuk menggantinya dengan ekspresi lain. Ini akan menjaga anda lancar berbicara.
Untuk selanjutnya anda tidak usah bingung kenapa masih susah berbicara bahasa Inggris. Karena peralihan dari bahasa ibu ke bahasa asing juga perlu waktu. Saya sendiri perlu 1 tahun untuk lancer berbicara. Sedangkan teman saya hanya perlu 3 bulan karena dia tinggal di Amerika. Jadi factor lingkungan dan kepentingan juga mempengaruhi. Semoga berhasil!

Technorati Profile

No comments:

Post a Comment

Favorite Blog

Rating

GUEST BOOK